-->

Sifat - Sifat Unsur Golongan Alkali IA

Unsur Golongan Alkali - Alkali adalah unsur golongan utama yaitu golongan IA. Sebagaimana yang kalian ketahui, unsur-unsur dikelompokkan dalam satu golongan karena mereka memiliki kemiripan sifat dan ada perubahan sifat yang terjadi secara periodik.

unsur golongan alkali
unsur golongan alkali

Dengan begitu, kita akan lebih mudah mempelajarinya. Dalam artikel ini, kalian akan mendapatkan informasi tentang sifat unsur – unsur golongan alkali dan alkali tanah.

Sifat – Sifat Unsur Golongan IA (Alkali)

Golongan alkali terdiri dari unsur – unsur sebagai berikut :

  • Li (Litium)
  • Na (Natrium)
  • K (Kalium)
  • Rb (Rubudium)
  • Cs (Cesium)

Dari atas ke bawah dalam satu golongan, nomor atomnya semakin besar.

Lihat Juga : Bank Soal SBMPTN Kimia

Sifat unsur – unsur alkali dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu :

1. Sifat Fisika

Sifat fisika adalah sifat suatu unsur yang bisa diamati secara langsung. Berikut adalah beberapa sifat fisika dari logam alkali.

Karena dari atas ke bawah dalam satu golongan, nomor atom unsur bertambah, maka jari-jari unsur juga semakin besar. Li adalah unsur dengan jari – jari terkecil dan Cs adalah unsur dengan jari – jari terbesar.

Perhatikanlah konfigurasi elektron dari unsur alkali berikut ini :
  • Li (No atom 3) = 2 1
  • Na (No atom 11) = 2 8 1
  • K (No atom 19) = 2 8 8 1
  • Rb (No atom 37) = 2 8 18 8 1
  • Cs (No atom 55) = 2 8 18 18 8 1

Dapat kalian perhatikan dari konfigurasi elektron diatas bahwa semua unsur golongan alkali memiliki elektron valensi (elektron pada kulit terluar) sama dengan 1. Ini artinya, semua unsur golongan alkali cenderung melepaskan 1 buah elektron terluarnya itu untuk mencapai kestabilan.

Ion yang dibentuk adalah +1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semua unsur logam alkali adalah unsur logam (karena cenderung melepaskan elektron). 

Ketika membentuk ion positif, maka satu buah kulit atom akan hilang. Hal ini mneyebabkan jari – jari ion positif unsur golongan alkali akan lebih kecil dibandingkan jari – jari atomnya (netral).

Sama seperti unsur logam lainnya, permukaan logam unsur golongan alkali juga mengkilap dan berwarna keperakan.

Unsur golongan alkali juga merupakan unsur golongan utama satu – satunya yang melepaskan satu buah elektron (sementara unsur golongan lain melepaskan lebih banyak elektron lagi untu mencapai kestabilan). Dengan begitu dapat dikatakan bahwa unsur logam alkali merupakan unsur yang paling elektropositif (unsur yang paling mudah melepaskan elektron).

Pada suhu kamar, semua unsur logam alkali berwujud padat. Ini sesuai dengan karakter logamnya. Namun, kekerasan logam unsur alkali tidak sama dengan unsur logam lainnya karena padatan logam alkali lunak.

Salah satu sifat menarik yang dimilki oleh unsur golongan alkali adalah warna nyalanya yang khas. Warna nyala ini timbul ketika unsur ini ketika diberi energi (misalnya dipanaskan) dapat menghasilkan warna nyala yang bisa digunakan sebagai salah satu indikator untuk mengidentifikasi unsur. 

Perhatikanlah daftar warna nyala unsur golongan alkali berikut :
Unsur Warna Nyala
Li Merah tua
Na Kuning
K Lembayung
Rb Merah kebiruan
Cs Biru

2. Sifat Kimia

Sifat kimia berhubungan dengan kereaktifan dan reaksi yang dijalani oleh masing – masing unsur.

Karena unsur alkali sangat mudah melepaskan elektron, maka ia sangatlah reaktif. Diantara semua golongan unsur dalam tabel periodik, unsur alkali adalah yang paling tinggi kereaktifannya. Oleh karena itu, tidak ada unsur logam alakli yang ditemukan dalam keadaan bebas di alam, melainkan pasti bersenya dengan usnru lainnya.


Dalam satu golongan (dari atas ke bawah), kereaktifan unsur alkali meningkat. Hal ini disebabkan karena energi ionisasi (energi untuk melepaskan elektron terluar) akan semakin kecil seiring dengan meningkatnya jari – jari atom.

Berikut adalah reaksi kimia yang diaalami oleh unsur – unsur logam alkali :

1. Reaksi logam alkali dengan air menghasilkan basa kuat dan gas hidrogen.
Rumus umum reaksi
M(s) + H2O(g) ==> MOH(aq) + H2(g)
M = unsur logam alkali yaitu Li, Na, K, Rb dan Cs

Reaksi Na dan K dengan air bersifat eksplosif sedangkan Rb bereaksi dengan sangat hebat dengan air. Cs karena bersifatradoaktif, bisa menghasilkan ledakan nuklir ketika bersentuhan dengan air. Namun untungnya, karena sifat radioaktifnya itu, ia meluruh dengan cepat dan berubah menjadi unsur yang lebih stabil.

2. Reaksi dengan oksigen membentuk oksida, peroksida dan superoksida
3M(s) + 3/2O2(g) ==> M2O(s) + MO2(s)
M = K, Rb dan Cs
5M(s) + 5/2O2(g) ==> M2O(s) + MO2(s) + M2O2
M = Li dan Na

3. Reaksi dengan hidrogen membentuk senyawa hidrida
2M(s) + H2(g) ==> 2MH(s)

4. Reaksi dengan halogen emnghasilkan garam halida
2M(s) + X2(g) ==> 2M+(aq) + H2(g)

5. Reaksi dengan larutan asam encer
2M(s) + 2H+(aq) ==> 2M+(aq) + H2(g)

6. Reaksi peroksida logam alkali dengan CO2
2M2O2(s) + 2CO2(g) ==> 2M2CO3(s) + O2(g)
M = Li dan Na

Nah sekian informasi menarik tentang sifat sifika dan kimia yang dimiliki oleh unsur golongan alkali (IA). Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa share materi ini di media sosial kalian ya.

0 Response to "Sifat - Sifat Unsur Golongan Alkali IA"

Post a Comment

Artikel Terpopuler

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel