-->

Rumus Kimia Air Terlengkap

Rumus Kimia Air Terlengkap - Air merupakan senyawa penting yang dibutuhkan dalam kehidupan ini. hampir 71% bumi  tertutupi oleh air atau sekitar 330 juta m3 di bumi. Tanpa adanya air, semua makhluk di bumi akan punah dan mengalami kepunahan. Semua tanaman kering dan tidak ada bahan makanan. Air di bumi sebagian besar berasal dari laut, termasuk air yang tertutupi es di kutub dan puncak gunung. Air juga bisa ditemukan di awan, hujan, sungai,air tawar, uap air dan lautan es. Air akan selalu bergerak mengikuti siklus air, bisa melalui penguapan, hujan dan aliran air dipermukaan tanah menuju laut. Mungkin tidak banyak orang yang tahu apa itu rumus kimia air. oleh karena itu chemistryeducenter akan membahasnya secara lengkap dan transparan dibawah ini.


Rumus Kimia Air Chemistryeducenter

Rumus Kimia Air

Air memiliki rumus kimia H2O. anda pasti tidak asing dengan nama tersebut, karena paling mudah dibandingkan rumus kimia senyawa lainya. H2O atau air murni merupakan satu molekul air yang tersusun dari dua atom hidrogen yang saling terikat secara kovalen. Ikatan kimia ini memiliki sifat berupa pasangan elektron di dalam satu atom oksigen. Atom oksigen di dalam struktur molekul air memiliki ikatan yang lebih kuat dibandingkan atom hidrogen. 

Rumus Kimia Air Chemistryeducenter


Perbedaan muatan didalam dua atom air murni, menyebabkan momen dipol. Momen dipol bisa menyebabkan gaya tarik menarik listrik di antara molekul air. Sehingga kedua molekul akan saling berdekatan dan susah dipisahkan. Sifat ini jugalah yang membuat titik didih air murni tinggi. Anda tidak bisa mendidihkan air dengan mudah, membutuhkan waktu yang lama.


Sejarah Penemuan Rumus Kimia Air

Rumus kimia air murni H2O pertama kali dikenalkan pada tahun 1774. Yang menamakan rumus kimia tersebut adalah Antoine -Laurent de Lavoisier. Oksigen berasal dari kata yunani yaitu oxus yang artinya asam dan gennan yang artinya menghasilkan. Lavoisir mengatakan bahwa oksigen merupakan komposisi gas di udara normal atau udara biasa. Fakta inilah yang menguatkan  terjadinya efek pembakaran pada logam, belerang, fosfor dan zat lainnya. 

Ia melakukan penelitian dengan membakar oksigen dan hidrogen di sebuah balon kaca. Kemudian dinyalakan dengan api, ia mengamati hasil ledakan yang terjadi dan proses pelepasan gasnya. Gas yang dihasilkan tak berwarna dan berbentuk seperti embun kental. Cairan tersebutlah yang kita sebut dengan air. Kemudian ia menyimpulkan bahwa hasil dari pembakaran hidrogen adalah air ( H2O).


Penemuan Hidrogen dan Oksigen

Dari penelitian tersebut, anda harus tahu siapa penemu hidrogen dan oksigen. Karena kedua senyawa tersebut ditemukan oleh orang yang berbeda. Penemu hidrogen adalah Henry Cavendish. Ia adalah seorang ilmuwan dan ahli kimia dari inggris. Ia menemukan hidrogen sebagai udara yang sangat mudah terbakar. Di tabel periodik, hidrogen ditulis dengan simbol H dan memiliki nomor atom 1. Di tekanan dan suhu standar, hidrogen tidak berwarna, tidak berbau, memiliki sifat non logam, bervalensi tunggal dan termasuk gas diatomik yang mudah terbakar. Massa hidrogen sekitar 1,00794 amu dan menjadi unsur teringan di dunia.

Sedangkan oksigen ditemukan oleh Carl Wilhelm Scheelee pada tahun 1771. Dia adalah seorang ahli farmasi dari swedia, tetapi sayangnya penemuan ini tidak begitu terkenal. Akhirnya penemuan oksigen dikenalkan kembali oleh Joseph Priestley. 


Contoh Soal Rumus Kimia Air

Contoh soal ini membahas tentang tekanan uap yang terjadi pada larutan di suhu tertentu.
Berikut ini soalnya.
 
Fraksi mol larutan urea dalam air adalah 0,2. Tekanan uap jenuh air murni pada suhu 200C sebesar 17,5 mmHg. Tentukan tekanan uap jenuh larutan pada suhu tertentu!

Pembahasan

Diketahui:
Xt = 0,2
P0 = 17,5 mmHg
Ditanyakan: P ….?

Jawaban:
∆P = P0 . Xt
∆P = 17,5 mmHg x 0,2 = 3,5 mmHg
P = P0 - ∆P = 17,5 - 3,5 = 14 mmHg

Dari pembahas rumus kimia air diatas, kita bisa tahu bahwa air tersusun atas unsur hidrogen dan oksigen. Sekian artikel yang chemistryeducenter bahas tentang Rumus Kimia Air, semoga bisa memberikan infromasi yang bermanfaat bagi adik-adik sekalian. Mungkin sekarang waktu bagi saya untuk lebih sering update artikel dikarenakan kesibukan di asrama (diklat) sudah selesai. see you on top dude hehe.


Baca Juga : Rumus Kimia Asam Sulfat dan Reaksinya

0 Response to "Rumus Kimia Air Terlengkap"

Post a Comment

Artikel Terpopuler

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel