-->

Rumus Kimia Amonia, Manfaat, Sifat dan Contoh Soalnya

Rumus Kimia Amonia, Manfaat, Sifat dan Contoh Soalnya - Dengan mempelajari materi kimia, kita bisa mengenal unsur kimia di sekitar kita. Karena hampir semua hal yang ada di bumi mengandung unsur kimia penting. Salah satunya adalah senyawa amonia. Senyawa ini paling mudah ditemukan pada pupuk urea. Amonia merupakan jenis senyawa kimia alami yang berada di alam dan tubuh kita. Terdiri dari 1 atom nitrogen dan 3 atom hidrogen, semua unsur saling berkaitan dengan atom N. untuk lebih memahami rumus kimia amonia, chemistryeducenter akan membahasnya lengkap dibawah ini.

Rumus Kimia Amonia, Manfaat, Sifat, dan contoh soalnya


Sifat Senyawa Kimia Amonia

Amonia termasuk senyawa kimia yang paling banyak diproduksi di bumi ini. Hal ini dikarenakan penggunaan pupuk urea yang bisa meningkatkan produksi pertanian hampir 60%. Penggunaan anomia di tanah, membuat amonia bisa ditemukan di manapun.

Rumus Kimia Amonia, Manfaat, Sifat, dan contoh soalnya


Amonia tidak bisa diproduksi alami oleh alam, harus melalui proses produksi. Senyawa amonia memiliki massa relatif 17 g/mol dari senyawa kimia amonia NH3. Amonia memiliki sifat antara lain:
  • Di dalam suhu kamar, amonia berbentuk gas yang tidak berwarna. Memiliki rasa seperti sabun atau logam alkali dan memiliki bau yang menyengat.
  • Jika terkena mata, bisa membuat mata pedih dan mengeluarkan air mata
  • Amonia memiliki ukuran yang lebih ringan dibandingkan udara, sehingga amonia bergerak ke atas saat keadaan normal
  • Sifat kelarutan amonia di air tinggi, sehingga jarang ditemukan di atas permukaan air
  • Amonia yang berbentuk gas, sangat mudah diubah menjadi bentuk cair
  • Titik didih amonia sekitar 239 derajat K atau -35 derajat celcius pada tekanan 1 atm


Manfaat dan Reaksi Senyawa Kimia

Sebelum membahas lebih lengkap tentang rumus kimia amonia, anda harus tahu manfaat dan reaksi senyawa kimia ini. seperti sifatnya, amonia sangat mudah larut dalam air. Sehingga sering digunakan untuk bahan pembersih alat rumah tangga atau alat masak. Senyawa ini juga digunakan sebagai bahan utama pembuatan pupuk urea dan rayon. Untuk bidang industri furniture, amonia digunakan untuk bahan pembersih furniture atau pembersih permukaan kaca. 

Di dalam urea, amonia akan bereaksi dengan karbondioksida. Amonia akan dipanaskan dalam suhu 200 derajat celcius dengan gas karbondioksida. Tekanan yang digunakan sekitar 80-200 atm. Maka menghasilkan reaksi kimia 2NH3 + CO2 → NH2CONH2 + H2O.

Selain bereaksi dengan karbondioksida, amonia juga bereaksi dengan Klor. Saat bereaksi dengan klorin, akan menghasilkan amonium klorida. Jika jumlah klorinnya berlebih, akan menghasilkan nitrogen triklorida. Reaksinya seperti berikut ini:
  • 8NH3 + 3Cl2 (terbatas) → 6NH4Cl + N2
  • NH3 + 3Cl2 (berlebih) → NCl3 + 3HCl


Contoh Soal Reaksi Rumus Kimia Amonia

Tahap pertama atau awal untuk membuat asam nitrat di industri melibatkan reaksi antara NH3 dengan O2 yang menghasilkan gas NO dan uap air. Persamaan reaksi adalah :
  • NH3 + O2 → NO + H2O (belum setara)
Jika diperlukan 16 gram gas O2 (Ar = 16) dan reaksi diukur pada oC dan tekanan 1 atm (STP), maka volum gas NO yang dihasilkan adalah.......

Pembahasan

NH3 + O2 → NO + H2O (belum setara) disetarakan menjadi 2 NH3 + 2 ½ O2 → 2 NO + 3 H2O
Perbandingan koefisien → O2 : NO = 2 ½ : 2
16 g O2 = 16 g : 32 g/mol = 0,5 mol

perbandingan koefisien = perbandingan mol
2 ½ : 2= 0,5 mol : mol NO
mol NO = 0,5 mol x 2/2½ = 0,4 mol

Karena reaksi dilakukan pada keadaan STP maka tiap 1 mol = 22,4 L
Volum gas NO sebanyak 0,4 mol = 0,4 mol x 22,4 L/mol = 8,96 L

Walaupun senyawa amonia memiliki bau yang busuk dan menyengat,tetapi sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. bisa membuat tanaman tubuh dengan subur. Penggunaan rumus kimia amonia juga bisa menghasilkan senyawa lain, yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Senyawa ini sudah banyak digunakan di berbagai industri sehari-hari. demikian informasi yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Response to "Rumus Kimia Amonia, Manfaat, Sifat dan Contoh Soalnya"

Post a Comment

Artikel Terpopuler

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel