-->

Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan - Pada Kesempatan Kali ini kita akan membahas tentang Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Pengertian Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Macam-Macam Kelarutan, Dan Rumus Hasil Kelarutan. Buat kalian yang masih bingung dengan Kelarutan dan Menentukan Hasil Kali Kelarutan, bisa langsung baca artikel di bawah








A. Pengeritan Kelarutan
Pengertian Kelarutan adalah nilai konsentrasi maksimum yang dapat dicapai dalam suatu zat dalam larutan.
Sebagai gambaran saja, larutan itu terdiri dari zat yang bisa dilarutkan (Solut) dan juga pelarut (Solven). Contoh yang akan saya berikan sebagai gambaran adalah zat yang akan di larutkan yaitu gula , dan yang sebagai pelarutnya adalah air.
Jadi, Kelarutan itu digunakan untuk menyatakan jumlah maksimum dari zat yang dapat larut dalam larutan jenuh.

Berdasarkan Pengertian di atas atau Berdasarkan Titik Jenuh Larutannya . Larutan itu dapat dibedakan menjadi tiga (3) yaitu :
  1. Larutan Tidak Jenuh, Yaitu Suatu Larutan yang masih dapat melarutkan zat terlarutnya dalam suhu tertentu atau suhu minimumnya.
  2. Larutan Jenuh, Yaitu Suatu Larutan dengan jumlah zat terlarut ( Molekul Atau Ion ) yang telah maksimum pada suhu tertentu.
  3. Larutan Lewat Jenuh, Yaitu Suatu Larutan dengan zat terlarut yang melebihi jumlah maksimum kelarutannya pada suhu tertentu.


Berdasarkan besarnya kelarutan suatu zat dapat dipengaruhi dengan 3 faktor, yaitu:
  1. Faktor Jenis Pelarut
    Apakah anda pernah mencoba mencampurkan antara minyak dengan air? Jika anda pernah melakukannya pasti anda telah mengetahui bahwa minyak dan air tidak dapat bercampur satu dengan satu lainnya.

    Apakah anda tahu karena apa hubungan Faktor jenis pelarut dengan minyak dan air? karena minyak adalah senyawa non-polar sedangkan air itu merupakan senyawa polar. Senyawa non-polar tidak dapat larut dalam senyawa polar, begitu juga sebaliknya.

    Jadi, bisa disimpulkan bahwa kedua zat yang bisa bercampur itu harus memiliki jenis zat yang sama, tidak boleh berbeda karena tidak akan larut antar satu dengan yang lain. Sebagai contoh air dan minyak di atas tadi.
  2. Faktor Suhu
    Apakah anda mengetahui bahwa gula itu dapat cepat larut dengan air panas daripada air dingin? Saya kira anda semua sudah mengetahuinya, tapi kenapa? karena kelarutan suatu zat berwujud padat semakin tinggi jika suhunnya tinggi atau dinaikkan. Dengan naiknya suhu larutan, Jarak antarmolekul zat padat menjadi renggang. Hal ini akan menyebabkan ikatan antar zat padat mudah terlepas dari gaya tarik molekul-molekul air, Sehingga zat atau gula tersebut mudah larut dalam suhu tinggi gan.
  3. Faktor Pengadukan
    Sebagai gambaran saja, ketika dalam kehidupan sehari hari kita. jika gula di letakkan di dalam air panas lalu di aduk, maka gula akan lebih cepat larut daripada yang di biarkan larut sendirinya. nah Faktor Pengadukanpun juga sangat mempengaruhi Larutnya suatu Zat.

B. Rumus Menentukan Hasil Kali Kelarutan

Rumus menentukan hasil kali kelarutan berdasarkan kesetimbangan yang terjadi :




Rumus menentukan hasil kali kelarutan berdasarkan hubungan antara kelarutan :
C. Rumus Menentukan Hubungan Kelarutan dengan Hasil Kali Kelarutan

Rumus Menentukan Hubungan kelarutan dengan Hasil Kali Kelarutan :
 AmBn(s)    ⇋     mAn+(aq) + nBm-(aq)

Dengan  s = kelarutan AmB  dalam satuan Mol L-1


D. Pengaruh Ion Senama Terhadap Kelarutan
Bagaimana jika kita melarutkan satu zat ke dalam larutan yang mengandung ion yang sejenis dengan salah satu ion pembentuk zat tersebut? dalam kesetimbangan antara zat padat dan ion-ionnya dalam air, dapat terjadi salah satu ion konsentrasinya jauh lebih besar dari ion lain yang menjadi pasangannya.

Contoh Soal :
misalkan 0,01 mol NaF ditambahkan ke dalam laruan CaF2.
Untuk CaF2 berlaku kesetimbangan :   CaF2   ⇋  Ca2+(aq) + 2F-(aq)
Penambahan Naf Memperbesar konsentrasi ion F- sebesar 0,01 mol/liter. Berdasarkan Asas Le Chatelier  Maka kesetimbangan akan bergeser ke kiri, yaitu ke arah pembentukan CaF2. ini akan menyebabkan kelarutan CaF2 berkurang.

Pengertian Pengaruh Ion Sejenis (Common Ion Effect)
Adalah Penambahan ion sejenis menyebabkan berkurangnya kelarutan suatu senyawa

E. Pengaruh Kesamaan Kelarutan dan pH
Tingkat Kesamaan pH dapat mempengaruhi kelarutan zat apabila :
  1. Larutan Basa biasanya lebih larut di larutan yang bersifat asam begitu pula sebaliknya
  2. Garam-Garam yang berasal dari asam lemah akan lebih mudah larut dalam larutan asam kuat.

F. Rumus Hubungan Hasil Kali Kelarutan dan Pengendapan
dengan melihat harga hasil kali kelarutan dari senyawa ion yang sukar larut dapat tentukan kelarutannya, semakin besar Ksp, semakin besar kelarutannya. Dalam suatu reaksi dapat menghasilkan suatu endapan atau tidak, juga dapat ditentukan dengan membandingkan hasil kali konsentrasi ion-ionnya yang dipangkatkan koefisien masing-masing, jika lebih besar dari harga Kspnya, maka reaksi tersebut dapat menghasilkan endapan.

Rumus hubungan Hasil Kali Kelarutan dan Pengendapan Bisa dicari dengan perbandingan.

Perbandingan harga Ksp dengan hasil kali konsentrasi ion-ionnya yang di pangkatkan koefisien masing-masing sebagai berikut:

Kesimpulan Rumus Menentukan Hubungan Hasil Kali Kelarutan dan Pengendapan
Apabila Qsp > Ksp, Menimbulkan Endapan
Apabila Qsp = Ksp, Menimbulkan Larutan Jenuh
Apabila Qsp < Ksp, Menimbulkan Larutan Jenuh dan Juga Endapan


Demikian adalah pembahasan tentang Pengeritan Kelarutan, Rumus Menentukan Hasil Kali Kelarutan, Rumus Menentukan Hubungan Kelarutan dengan Hasil Kali Kelarutan, Pengaruh Ion Senama Terhadap Kelarutan, Pengaruh Kesamaan Kelarutan dan pH, Rumus Hubungan Hasil Kali Kelarutan dan Pengendapan. Semoga materi di atas dapat membantu teman-teman dalam mempelajari kimia ini. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian mengenai materi ini, Sekian dari kami dan Terimakasih. Have Fun With Chemistry :).


Baca Juga : Materi Hidrolisis Garam

0 Response to "Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan"

Post a Comment

Artikel Terpopuler

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel