-->

Organ Reproduksi Pada Manusia Materi Terlengkap

Organ Reproduksi Pada Manusia Materi Terlengkap - Makhluk hidup, termasuk manusia harus berkembangbiak. Untuk meneruskan keturunan dan membuatnya tidak punah. Masalah ini berhubungan erat dengan sistem reproduksi. Pada pria dan wanita memiliki alat reproduksi yang berbeda-beda. Untuk bisa memahaminya lebih jelas, chemistryeducenter akan membahas tentang sistem reproduksi pada manusia dengan lengkap. Dari alat reproduksi, proses reproduksi dan semuanya.


Organ Reproduksi Manusia Chemistryeducenter


Hewan menggunakan dua jenis reproduksi yaitu reproduksi seksual dan aseksual. Pada manusia hanya melakukan reproduksi seksual, yaitu proses pembentukan individu baru melalui peleburan sel sperma dan ovum. Pada manusia semuanya dilakukan secara internal atau di dalam tubuh. Untuk melakukan proses ini membutuhkan organ reproduksi, yang memiliki fungsi masing-masing.


A. Organ Reproduksi Pada Pria

Pria memiliki dua organ reproduksi yaitu organ bagian dalam dan organ bagian luar. Organ luar terdiri dari skrotum dan penis. Sedangkan organ bagian dalam ada saluran pengeluaran, testis dan kelenjar aksesoris.

Organ Reproduksi Pada Pria Chemistryeducenter
Sumber Gambar : www.columbia.edu


  • Penis merupakan organ reproduksi yang bertugas untuk menyampaikan sel sperma ke organ reproduksi wanita lewat proses kopulasi. Di dalam penis terdapat jaringan yang bisa terisi darah, sehingga penis bisa mengalami ereksi.
  • Skrotum merupakan kantung yang berfungsi untuk melindungi testis.
  • Testis berfungsi sebagai tempat pembentukan sel sperma. Letaknya di luar rongga perut. Selain itu testis berfungsi untuk menghasilkan hormon testosteron. Di dalamnya terdapat tubulus seminiferus, yang berfungsi untuk menghasilkan selsperma dan di dalam tubulus seminiferus ada sel interstitial, yang menghasilkan hormon testoseteron.
  • Saluran pengeluaran terdiri dari vas deferens, epididimis, uretra dan saluran ejakulatoris. Sperma yang berasal dari tubulus seminiferus masuk ke epidimis, sebagai tempat penyimpanan sperma. Bila terjadi ejakulasi, sperma keluar dan menuju vas deferens. Kemudian masuk ke saluran ejakulatoris dan keluar lewat uretra.
  • Kelenjar aksesoris terdiri dari kelenjar prostat, vesika seminalis dan kelenjar bulbouretral (cowper). Ketika dikeluarkan, sperma berbentuk semen yang mengandung zat. Zat tersebut di hasilkan di kelenjar aksesoris. Kandungannya seperti asam amino, mukosa, prostaglandin dan mukosa.


B. Organ Reproduksi Wanita

Sistem reproduksi pada manusia, memiliki fungsi berbeda. Organ reproduksi wanita menghasilkan sel telur (ovum). Organ reproduksi wanita juga dibagi menjadi dua yaitu organ reproduksi luar dan organ reproduksi dalam. Bagian luar terdiri dari labia dan klitoris. Sedangkan bagian dalam terdiri dari saluran telur, ovarium, uterus dan vagina.

Organ Reproduksi Wanita Chemistryeducenter
Sumber Gambar : digikalla.info

  • Labia dibagi menjadi dua yaitu labira minora dan labia mayora. Dibagian labia atas terdapat klitoris.
  • Klitoris adalah organ erektil yang memiliki ujung saraf dan pembuluh darah
  • Ovarium berfungsi menghasilkan hormon progesteron dan hormon estrogen. Ovarium juga bertugas untuk menghasilkan ovum (sel telur).
  • Oviduct (tuba fallopi) atau saluran telur merupakan jalur ovum dari ovarium dan uterus. Berbentuk saluran yang terdiri sel epitel bersilia. Silia di tuba fallopi berfungsi untuk menggerakan ovum menuju uterus.
  • Uterus adalah tempat untuk perkembangan janin. Dibagian dinding uterus terdapat banyak pembuluh darah. Dinding uterus dinamakan endometrium. Dibagian leher uterus ada pembatas antara vagina dan uterus, yang disebut serviks.
  • Vagina adalah tabung yang berlapis otot. Vagina mempunyai dinding tipis untuk tempat melahirkan bayi. Di dinding ini selalu diselimuti lendir dari kelenjar bartholin. Kelenjar ini terdapat di tepi lubang vagina

Itulah informasi dari chemistryeducenter mengenai organ reproduksi pada manusia. Semoga bermanfaat. Mohon maaf belom bisa update setiap hari di karenakan kegiatan saya di luar blogging sangat banyak.

Baca Juga : Panca Indra Pada Manusia

0 Response to "Organ Reproduksi Pada Manusia Materi Terlengkap"

Post a Comment

Artikel Terpopuler

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel