-->

Rumus Kimia Urea Dan Contoh Soalnya Terlengkap

Rumus Kimia Urea dan Contoh Soalnya - Urea merupakan senyawa organik yang digunakan untuk pupuk penyubur tanaman. Sekitar tahun 1828, seorang kimiawan dari Jerman Friedrich Wohler, menemukan sebuah metode sintesis urea tanpa menggunakan makhluk hidup atau ginjal. Proses sintesis ini lebih aman digunakan.

Rumus Kimia Urea Chemistryeducenter

Saat menggunakan urea, akan menghasilkan unsur amonia, yang mudah ditemukan di alam. Untuk lebih jelasnya kita akan membahas tentang rumus kimia urea, manfaat dan juga contoh soalnya.

Rumus Kimia Urea

Rumus Kimia Urea Chemistryeducenter


Rumus Kimia dan Stuktur Senyawa Urea

Urea terdiri dari unsur atom karbon, oksigen, hidrogen dan nitrogen. Rumus kimianya ditulis dengan simbol CH4N2O, sering ditulis dengan NH2CONH2.

Stuktur Senyawa Urea CHEMISTRYEDUCENTER

Selain dikenal dengan nama urea, unsur organik ini juga dikenal dengan nama lainya. Seperti karbonil diamida, karbamida, dan isourea. Untuk struktur senyawa urea, berbentuk simetris dengan atom C dan O di tengah.

Manfaat Urea Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Semua orang pasti sudah tahu manfaat urea untuk kehidupan sehari-hari. karena senyawa ini selalu digunakan untuk menyuburkan tanaman di pertanian. Tetapi selain itu, urea juga bisa dimanfaatkan untuk bidang lainnya. apalagi direaksikan dengan unsur lainnya. berikut ini beberapa manfaat urea untuk kehidupan sehari-hari yang harus diketahui:

  • Sebagai pupuk
    Manfaat urea sebagai pupuk memang sudah tidak diragukan lagi. Urea termasuk senyawa kimia yang paling sering digunakan untuk pupuk. Oleh karena itu senyawa kimia ini termasuk yang paling banyak diproduksi. Di dalam urea mengandung nitrogen mencapai 46%. Urea berbentuk butiran yang sudah siap dipakai, sehingga menjadi pupuk yang paling popular. Mudah digunakan dan efektif menyuburkan tanaman.

  • Urea untuk mesin diesel
    Rumus kimia urea juga bisa digunakan untuk mesin diesel. Urea bisa membantu menurunkan kadar polusi udara di mesin diesel mobil, bus atau truk. Saat mesin kendaraan mencapai temperatur tinggi, bisa menghasilkan gas oksigen dan nitrogen. Jika kedua gas ini bereaksi, bisa membentuk polusi gas NO2. Untuk mengatasinya bisa menggunakan amonia supaya terbentuk nitrogen. Tetapi bila kandungannya terlalu tinggi, bisa menyebabkan racun. Oleh karena itu, urea dilarutkan dengan air dan dimasukan ke dalam mesin. Hasil reaksinya akan terbentuk CO2 dan NH3.

  • Urea Sebagai Bahan makanan untuk menggemukan hewan
    Di industri peternakan, urea sering digunakan untuk asupan tambahan makanan ternak. Kandungan nitrogen yang tinggi bisa membuat hewan lebih gemuk, pertumbuhannya pun semakin signifikan. Kurang lebih 4% dari total produksi urea digunakan untuk bidang peternakan. Tetapi proses penggunaannya harus sesuai, supaya tidak membahayakan kesehatan ternak.

  • Industri Plastik dan Resin
    Reaksi urea dengan formaldehid bisa digunakan di industri plastik dan resin. Hal ini dikarenakan ikatan nitrogen memiliki sifat perekat yang kuat. Sifat inilah yang dibutuhkan pada industri lem, resin dan plastik.


Contoh Soal Rumus Kimia Urea

Terdapat pupuk urea CO(NH2)2 yang memiliki kadar nitrogen 42%. Jika diketahui Ar N = 14 dan Mr Urea = 60, kemurnian urea dalam pupuk tersebut adalah

Pembahasan contoh soal
Chemistryeducenter

Dengan penjelasan rumus kimia urea diatas, diharapkan anda bisa lebih memahami materi ini dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mohon maaf sebelumnya dikarenakan kesibukan saya melakukan pekerjaan dan adanya diklat pelatihan untuk penulis, jadi agak tersendat untuk update artikel di blog saya ini. Saya ucapkan terimakasih untuk kalian semua telah membaca artikel saya tentang Rumus Kimia Urea Dan Contoh Soalnya.

Baca Juga : Soal Jawab Tentang KOLOID

0 Response to "Rumus Kimia Urea Dan Contoh Soalnya Terlengkap"

Post a Comment

Artikel Terpopuler

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel