-->

Kegunaan Unsur - Unsur Alkali (Golongan IA)

Kegunaan Unsur Alkali - Lewat postingan Sifat – Sifat Unsur Golongan Alkali, kita sudah belajar mengenai sifat fisika dan kimia. Salah satunya yaitu kereaktifan unsur. Unsur - unsur logam alkali merupakan unsur yang paling reaktif diantara smeua unsur logam yang ada dalam tabel periodik.

Oleh karena kereaktifannya inilah, tidak mungkin menemukan unsur ini dalam keadan bebas di alam. Mereka selalu bersenyawa dengan unsur lainnya.

kegunaan unsur alkali
kegunaan unsur alkali - golongan 1a
Senyawa – senyawa logam alkali tentu banyak manfaatnya dalam kehidupan kita. Inilah informasi yang akan kalian dapatkan dengan membaca artikel ini. Baca baik – baik ya!

Kegunaan Senyawa Logam Alkali

Litium

Unsur litium dapat ditemukan dalam beberapa senyawa berikut :
  1. Spodumen dengan rumus kimia LiAlSi2O6
  2. Lepidolit dengan rumus kimia K2Li3Al4Si7O21(OHF)3
  3. Petalit dengan rumus kimia LiAlSi4O10


Litium digunakan sebagai paduan logam, (aloy) bersama – sama dengan aluminium dan magensium. Adanya litium dalam campuran logam ini membuatnya tahan terhadap suhu tinggi sedangkan fungsi magnesium adalah agar campuran logam yang dibuat mudah dibentuk.

Aloy tersebut umumnya digunakan untuk membuatrangka kapal atau pesawat terbang. Namun, campuran logam ini ternyata juga memiliki kelemahan, terutama jika digunakan untuk membuat kapal. Zaman dahulu, orang menggunakannya untuk membuat kapal perang.

Magensium adalah unsur yang sangat mudah terbakar jika terkena api. Hal ini membuat banyak kapal yang rusak selama perang dunia, sehingga bahan pembuatannya harus diganti.

Logam litium sering digunakan sebagai bahan baku baterai kimia karena memiliki potensial elektroda yang besar. salah satu contohnya adalah baterai ion – litium yangada dalam posnel kamu masing – masing.


Natrium

Unsur natrium dapat ditemui dalam beberapa sneyawa berikut ini :
  1. Chili (NaNO3)
  2. Trona (Na2CO3.NaHCO3.(H2O)2
  3. Garam batu (deposit NaCl didalam tanah
  4. Air laut

Kegunaan logam natrium diantaranya adalah :
  1. Digunakan sebagai bahan pembuat TEL (tetra etil lead). TEL merupakan zat aditif yang ditambahkan pada bensin untuk meningkatkan bilangan oktan. Namun penggunaanya sekarang sudah dilarang karena dapat menyebabkan polusi timbal di udara.
  2. Sebagai cairan pendingin padareakstor nuklir
  3. Penerangan jalan raya
  4. Agen pereduksi (zat yang mereduksi zat lain)


Natrium membentuk banyak sekali senyawa. Berikut adalah daftar serta kegunaan senyawa natrium yang paling sering dijumpai dalam kehidupan sehari – hari.
  1. NaOH (natrium hidroksida). NaOH sering juga disebut dengan soda api. NaOH digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sabun, deterjen, plastik, tekstil, pulp dan kertas, pemurnian minyak bumi, pengolahan bauksit dan membuat senyawa – senyawa natrium lainnya seperti NaClO
  2. NaCl (Natrium klorida). Kita mengenal garam ini dengan sebutan garam dapur. NaCl selain sebagai penyedap dan bumbu masakan juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan logam natrium dan gas klorin. Selin itu, NaCl juga digunakan dalam industri susu, pengawetan ikan, pencair salju dan pengolahan kulit.
  3. NaHCO3 (Natrium hidrogen karbonat) atau lebih dikenal dengan nama soda kuedigunakan untuk mengembangkan kue dan sebagai bahan pemadam kebakaran untuk memproduksi gas CO2
  4. Na2CO3 (natrium bikarbonat) atau soda digunakan untuk melunakkan air sdah (mengurangi efek kesadahan pada suatu air), membuat NaOH, kaca, sabun, pulp dan kertas.
  5. Na2SO4 (Natrium Sulfat) banyak digunakan pada industri pembuatan kertas.
  6. Na2SO4.10H2O. senyawa ini dikenal dengan nama garam Glauber yang digunakan untuk emmbuat kaca dengan kualitas rendah.


Kalium

Kalsium bisa ditemukan dalam senyawa :
  1. Silvit dengan rumus kimia KCl
  2. Sendawa dengan rumus kimia (KNO3)
  3. Karnalit (KMgCl3(H2O)6
  4. Fedspar dengan rumus kimia K2O.Al2O.2SiO¬3)

Senyawa KCl dan K2SO4 sering digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk. Senyawa K2O digunakan sebagai baham pembuatmasker gas dan senyawa KNO3 digunakan sebagai bubuk mesiu.


Rubidium dan Cesium

Rubidium bisa ditemukan dalam senyawa lepidolit, sedangkan cesium dapat ditemukan dalam senyawa polusit (Cs4Al4Si9O26H2O). rubidium dan cesium digunakan sebagai katode pada lampu – lampu elektronik. 

Logam alkali dapatdiperoleh dengancaramengelektrolisis lelehan garam alkalinya. Kita tidak bisa menggunakan larutan garam karena potensial reduksi air lebih besr dibandingkan semua unsur logam alkali sehingga di kaota tidak akan terbentuk logam Na.

Demikian adalah informasi mengenai kegunaan unsur alkali dalam kehidupan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah informasi seputar unsur alkali. Sekian dari kami dan jangan lupa share materi diatas di media sosial kalian. 

0 Response to "Kegunaan Unsur - Unsur Alkali (Golongan IA)"

Post a Comment

Artikel Terpopuler

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel